Merefresh fikiran usai Penilaian Tengah Semester. Itulah salah satu tujuan dari kegiatan Kuis Ceria yang dilakukan oleh SMP IT Adzkia. Kuis Ceria ini ditujukan kepada seluruh siswa SMP IT Adzkia tanpa kecuali, kelas VII hingga kelas IX. Kuis Ceria ini dilakukan via zoom meeting, dan live streaming channel youtobe SMP IT ADZKIA PADANG. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari. Sesi pertama, hari Senin/22 September dan sesi kedua di hari Selasa/23 September yang dimulai pada pukul 09.00 hingga 10.30 WIB.


Kegiatan kuis ceria ini mengacu pada salah satu pendapat dari Prof. Arie Rahman di sebuah acara seminar online, yang mengatakan “ Cara yang ampuh untuk menghadapi siswa yang jenuh adalah dengan istirahat dulu, refresh.” Pernyataan itulah yang menjadi latar belakang dari Kepala SMP IT Adzkia, Romizon, S.Pd.I untuk mengadakan kegiatan kuis ceria. Seluruh siswa mengikuti dengan aktif dan maksimal. Pada hari pertama, kuis ceria yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi Quizizz yang bisa diakses langsung di halaman google. Sesi kedua kuis ceria, dilakukan dengan aplikasi Kahoot yang bisa juga di akses di halaman google. Tentunya sangat menarik.

Dokumentasi Kuis Ceria

Selain bertujuan untuk merefresh siswa usai PTS, kuis ceria ini bertujuan untuk silaturrahmi antara guru dan siswa, siswa dengan siswa, secara virtual. Soal yang diujikan tidak sulit, hanya pengetahuan-pengetahuan dasar saja. Hingga dengan kuis ini anak-anak bisa bermain sambil belajar. Untuk kuis ceria ini, memilih tiga orang pemenang disetiap sesi, dan tiga pemenang akan mendapatkan E-sertifikat serta hadiah menarik yang akan disponsori oleh Pimpinan SMP IT Adzkia, tentunya hadiah yang bermanfaat untuk para siswa yang menang.


Tidak kalah dengan keseruan siswa yang mengikuti kuis ceria, seluruh gurupun mendapatkan sesi belajar sambil bermain ini. Sesi untuk guru diadakan di hari Selasa/22 September usai sesi siswa selesai. Sangatlah menarik tentunya, semua guru selingkungan SMP IT Adzkia mengikuti dengan baik. Sambil berkuis, tentunya terdapat sedikit candaan yang membuat para guru tersenyum dengan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan di aplikasi kahoot.


Kegiatan seperti ini, sangat memberikan manfaat yang luar biasa bagi siswa, maupun guru. Pendidikan di era pandemi saat ini, sangat menuntut kekreatifan sekolah agar mengadakan kegiatan-kegiatan yang dapat mempererat rasa kebersamaan baik itu dikalangan siswa maupun dikalangan guru. Dan kegiatan yang dilakukan, tentunya secara virtual.
Kuis yang dipandu oleh Ustadzah Melly, guru SMP IT Adzkia ini, berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana. Banyak pelajaran yang bisa didapatkan dari kegiatan ini. Untuk orangtua siswa yang ingin menyaksikan video kuis ceria, bisa menyaksikannya di channel youtobe SMP IT ADZKIA PADANG.


Mari kita ciptakan generasi yang kreatif, aktif dan Rabbani. Jangan jadikan pembelajaran daring saat ini sebagai penghambat kita untuk menciptakan segala hal yang positif dan kreatif. Dan tentunya, apapun hal atau kegiatan yang dilakukan harus dengan pelaksanaan protokol Covid-19. Marilah sama-sama kita meminta kepada Allah SWT, agar wabah Covid-19 segera berakhir dan pendidikan kita bisa berjalan dengan normal kembali.

SMP IT Adzkia, 22 September 2020.
Ditulis oleh Humas SMP IT Adzkia, Melly Septia, S.Pd

Leave a Comment