Kegiatan kunjungan belajar bertujuan untuk menambah wawasan kepada siswa-siswi SMP IT Adzkia Padang sambil tadabbur alam.

“Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?” (QS. Ar-rahman: 13)

Kunjungan belajar di semester ganjil tahun pelajaran 2016-2017 ini dilaksanakan di daerah Pariaman. Lokasi yang pertama kali kita kunjungi adalah Ariza farm. Disini kami belajar bagaimana bercocok tanam dengan menghasilkan panen yang memuaskan. Baik dari ukuran dan rasanya yang luar biasa. Disini kami mengucapkan terima kasih kepada Pemiliki Ariza farm yang telah menyambut kami dengan baik dan memberikan kami masing-masing satu buah jambu biji yang langsung kami ambil dari batangnya.

Setelah makan siang, kami mengunjungi pangkalan penyu. Disini kami juga mendapatkan banyak pelajaran. Ternyata penyu sangat membutuhkan pertolongan kita untuk melindunginya. Salah satu cara yang dapat kita lakukan semua tanpa perlu memelihara penyu adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan terutama tidak membuang sampah ke selokan, ke sungai, terlebih ke laut. Mari kita sama-sama menjaga laut demi menjaga penghidupan penyu. Kami mengucapkan terimakasih kepada penangkaran penyu Pariaman yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk melepaskan penyu-penyu kecil ke lautan. Ternyata ketika pelepasan penyu, kita dilarang mengangkat penyu untuk langsung ke laut, tapi biarkan penyu itu berjalan sendiri dari tepi pantai ke laut sehingga ketika ia kembali untuk bertelur, ia akan menemukan jalannya sendiri.

Masih banyak lagi ilmu yang kami dapatkan selama kunjungan belajar ini. Disela-sela waktu kita libur,sempatkanlah untuk melihat kekuasaan Allah yang lainnya dengan diiringi rasa syukur atas segala kenikmatan yang Allah berikan.

Di Ariza farm Pariaman
Memetik buah jambu biji
Pengarahan mengenai penyu
Tempat pemeliharaan penyu

Leave a Comment